Text
Islamic montessori reading & writing
Mengajari anak membaca dan menulis sering menjadi tantangan yang cukup merepotkan bagi orang tua dan guru. Bagi anak usia dini, proses pembelajaran ini bisa menjadi hal yang menakutkan dan tidak menyenangkan jika metode yang digunakan tidak tepat dan penuh paksaan.
Sejujurnya, membaca dan menulis merupakan proses yang kompleks sehingga diperlukan strategi dan langkah konkret jangka panjang. Montessori merupakan metode yang sangat solutif karena teknis pengajarannya disesuaikan dengan kemampuan individu setiap anak. Dalam pengajaran membaca dan menulis, anak tidak langsung diminta untuk mengenal simbol huruf dan menghafalnya. Strateginya justru dengan banyak latihan melalui kegiatan Practical Life dan Sensorial yang bertujuan untuk melatih aspek sensori anak, diskriminasi visual, jarak konsentrasi anak, kemudian baru ke tahap pengajaran membaca dan menulis.
Melalui buku ini, Zahra Zahira, merangkum pengalamannya selama bertahun-tahun dalam memodifikasi kurikulum bahasa di Montessori. Dalam 100 aktivitas penting yang meliputi pra-membaca, membaca, pra-menulis, dan menulis, kita akan diajarkan untuk menerapkan metode belajar membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, serta bahasa Inggris.
Tidak tersedia versi lain